Monday, June 27, 2011

Pohon Bintaro Antara Racun & Manfaat

Ada yang cukup membuat penulis sedikit kaget dengan pernyataan Satpam Perumahan Permata cimanggis atas racun yang terdapat di pohon Bintaro yang banyak tumbuh di sekitar Cluster Safir.

Dengan nada serius nampaknya Satpam yang satu ini benar2 "Care" atas dampak yang bisa ditimbulkan atas getah pohon bintaro.
Ini kalau getahnya keminum bisa mati kita, ujar dia.. adalah kata2 terakhirnya yg cukup membuat gentar penulis..

Namun setelah mencari tahu di berbagai sumber internet, ternyata tidak semuanya benar & tidak juga semuanya salah informasi yang mengatakan bahwa pohon Bintaro adalah berbahaya,,

Bintaro (Cerbera manghas) adalah tumbuhan pantai atau paya berupa pohon dengan ketinggian dapat mencapai 12m. Daunnya berbentuk bulat telur, buahnya berwarna hijau berbentuk telur, panjang 5-10cm, dan berwarna merah cerah jika masak.

Disini penulis mencoba menggali & bagi2 informasi seputar, manfaat & kerugian atas pohon bintaro

Bahaya Pohon Bintaro
  • Mengandung "cerbirin" yaitu racun yang terdapat pada seluruh bagian pohonnya. Racun ini dapat menghambat saluran ion kalsium di dalam otot jantung manusia, sehingga mengganggu detak jantung dan dapat menyebabkan kematian. Bahkan asap dari pembakaran kayunya dapat menyebabkan keracunan
"Jadi hati hati ya wahai warga permata cimanggis kalau mau menebang atau membakar pohon ini, bisa mabok sendiri alias kliyengan.. apalagi coba2 makan buahnya...."
  • Konon, getahnya sejak dulu dipakai sebagai racun panah atau tulup untuk berburu.
"kabar gembira bagi yang seneng berburu, sekali2 bisa ditest tuh.. berburu burung disawah belakang pake panah beracun"
  • Racunnya dilaporkan dipakai untuk bunuh diri atau membunuh orang
"nah lo, jangan deket2 pohon ini kalau lagi frustasi yaa :-) "

Manfaat Pohon Bintaro
  • IPB, Fakultas Pertanian berhasil mengembangkan minyak dari biji Bintaro sebagai energi alternatif (Bahan Bakar Nabati),
  • "Walaupun beracun, bijinya mengandung minyak hingga 54,33% dan berpotensi digunakan sebagai bahan baku biodiesel dengan melalui proses hidrolisis, ekstrasi dan destilasi"
    • Selain bijinya, kulit buah bintaro yang berserat bisa dijadikan bahan baku papan partikel, atau bahan bakar baik langsung, atau diubah menjadi briket untuk bahan bakar tungku.
     "pantes aja beracun,, lha bisa buat bahan bakar gini..."
    • Bijinya dapat digunakan sebagai pengusir tikus.
     "caranya letakkan biji Bintaro pada setiap sudut yang sering dilalui oleh tikus"
    • Pohon Bintaro memang beracun (malah sangat beracun) tapi bagus dalam meng”absorpsi” polusi udara serta merubahnya menjadi oksigen. Selain itu Pohon Bintaro ini memang memiliki daya tahan kuat serta perawatannya yang mudah & murah,
    Jadi, banyak juga manfaat dari pohon Bintaro ini selain ada sisi bahayanya, tergantung kita penghuni Perumahan Permata Cimanggis mensikapinya,..

2 comments:

  1. Sebuah artikel yang penuh informatif dari Sang Penulis, sepertinya penulis adalah mantan wartawan/jurnalistik senior salah satu tabloid nasional neh, selamat selamat selamat....Semoga dapat ditingkatkan prestasi kegiatan coret mencoretnya !!!! (kayak tulisan di rapor siswa/i SD aje neh, hehehehe)

    Klu boleh berpendapat mengenai manfaat terakhir yang diiformasikan penulis : "Pohon Bintaro memang beracun (malah sangat beracun) tapi bagus dalam meng”absorpsi” polusi udara serta merubahnya menjadi oksigen. Selain itu Pohon Bintaro ini memang memiliki daya tahan kuat serta perawatannya yang mudah & murah" .

    Berdasarkan info dari "Buku Pintar seri Senior by IWAN GAYO : 1996", di dunia ini ada 2 pohon yang dapat bermanfaat bagi lingkungan khususnya pengolahan CO2 (Karbondioksida) menjadi O2 (Oksigen) yaitu :
    - Yang Pertama dan Utama alias prioritas adalah yang termasuk keluarganya POHON PALM (harganya lumayan mahal bahkan jens tertentu sangat mahal dan perawatanya lumayan sulit, sering di kasih pupuk/disiram dsb)
    -Yang Kedua adalah POHON BINTARO sebagaimana yang diinformasikan penulis (harganya murah, banyak dipasaran, bahkan tumbuh di pinggir2 jalan dan perawatannya sangat mudah, tidak sulit, ga disiram air pun tumbuh)

    Naaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah............
    Dari keterangan di atas, semoga menjadi pencerahan kita bersama bahwa klu kita selidik demi selidik, KENAPA DEVELOPER PC menggunakan Pohon Bintaro di mana-mana bahkan di setiap depan rumah dan sudut halaman DARIPADA Pohon Palm?????????? Yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa silakan dipikir dan dijawab sendiri...........Hehehehee (Hanya sebuah pemikiran tuk menjadi lebih baik buat kenyamanan dan keasrian PC umumnya dan RW 21 Cimpaeun Khususnya )

    ReplyDelete
  2. hehe makasih pak Rizal mantap ni komennya...

    intinya kita harus tau apa yg ada di dekat kita aja dulu, gak usah bahas yg jauh2 dulu..

    ReplyDelete